gudnyus
13 Juni 2024, 08:20 WIB
Last Updated 2024-06-13T01:21:02Z
Literasi

Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Kearifan Lokal Beserta Artinya

Advertisement

Gudnyus.id - Kearifan lokal merupakan pandangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal. 


Oleh karena itu kearifan lkal menjadi bagian dari budaya dalam kehidupan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga, kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.


Berikut merupakan contoh artikel Bahasa inggris yang membahas tentang kearifan lokal beserta artinya:


Preserving Local Wisdom Values ​​in Daily Life


As we know together, this beloved country of Indonesia highly upholds cultural values ​​passed down from generation to generation. The noble cultural values ​​that exist in our country are one form of local wisdom in Indonesia.


Local wisdom in Indonesia contains many values ​​that we should emulate. Basically, local wisdom is dynamic, that is able to adapt to changing times. So, Even though people's lives have entered the era of modernization, local wisdom values ​​still exist because they store values ​​that are already rooted in the wider community.


In development, Local wisdom continuously becomes a guide in life so that people can survive safely, comfortable and prosperous.


Local content is always important to programs and activities at the community and grassroots level. Responding to how important Indonesian local wisdom is today, it is very important for all of us to explore, document and utilize local wisdom in Indonesia as a basis for efforts to preserve culture and optimize local roles and potential.


Baca Juga : Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Beserta Artinya


Artinya


Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Sebagaimana kita ketahui bersama, negara tercinta Indonesia ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun temurun. Nilai-nilai luhur budaya yang ada di negara kita merupakan salah satu wujud kearifan lokal yang ada di Indonesia.


Kearifan lokal di Indonesia mengandung banyak nilai yang patut kita teladani. Pada dasarnya kearifan lokal bersifat dinamis, yaitu mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman. Jadi, walaupun kehidupan masyarakat sudah memasuki era modernisasi, namun nilai-nilai kearifan lokal tetap eksis karena menyimpan nilai-nilai yang sudah mengakar di masyarakat luas.


Dalam pembangunan, kearifan lokal senantiasa menjadi pedoman hidup agar masyarakat dapat bertahan hidup dengan aman, nyaman dan sejahtera.


Konten lokal selalu penting bagi program dan kegiatan di tingkat masyarakat dan akar rumput. Menyikapi betapa pentingnya kearifan lokal Indonesia saat ini, sangat penting bagi kita semua menggali, mendokumentasikan dan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di Indonesia sebagai landasan dalam upaya melestarikan budaya dan mengoptimalkan peran dan potensi lokal.