gudnyus
8 Agustus 2024, 22:08 WIB
Last Updated 2024-08-08T15:08:30Z
Ragam

10 Kutipan Paling Fenomenal dari Pahlawan Nasional Tentang Kemerdekaan

Advertisement

 


Gudnyus.id - Mengetahui kutipan dari pahlawan nasional tentang kemerdekaan sangat penting karena kutipan-kutipan tersebut tidak hanya mengandung nilai-nilai perjuangan dan patriotism.


Kutipan pahwalan juga memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk terus menghargai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah. 


Kutipan-kutipan ini mengingatkan kita akan semangat, pengorbanan, dan tekad para pahlawan dalam meraih kemerdekaan, serta mengajarkan kita untuk selalu berjuang demi kebaikan bangsa dan negara. 


Dengan memahami dan menghayati pesan-pesan dari para pahlawan, kita dapat lebih menghargai arti kemerdekaan dan berkontribusi dalam menjaga serta memajukan Indonesia.


Berikut adalah daftar kutipan tentang kemerdekaan dari beberapa pahlawan nasional Indonesia:


Soekarno: "Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan juga milik suatu adat istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke."


Mohammad Hatta: "Indonesia tidak akan bercahaya karena obor besar di Jakarta, tapi akan bercahaya karena lilin-lilin di desa."


Ki Hadjar Dewantara: "Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat."


Tan Malaka: "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda."


Jenderal Soedirman: "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng-benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi."


Sutan Syahrir: "Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan."


Bung Tomo: "Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka."


Cut Nyak Dien: "Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang."


R.A. Kartini: "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."


Kapitan Pattimura: "Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit."


Semoga kutipan-kutipan ini dapat menginspirasi dan membangkitkan semangat kemerdekaan!