Saiful K. Teibang
13 Oktober 2024, 10:08 WIB
Last Updated 2024-10-13T03:08:30Z
Opini

Pemanfaatan Digital dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja

Advertisement

Sepi Wulandari

STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

Email: sepiwulandari299@gmail.com



Di era digital saat ini, bisa kita lihat bahwasaannya teknologi telah menjadi pendorong utama dalam meningkatkan produktivitas kinerja diberbagai sektor. Apabila perusahaan mampu memanfaatkan alat serta teknologi digital itu dengan baik maka akan dapat memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan.

Penggunaan aplikasi digital dalam dunia kerja saat ini tidak hanya sekadar tren, tetapi telah menjadi pilar penting dalam meningkatkan efisiensi baik untuk pegawai maupun perusahaan. Ketika sumber daya manusia memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi yang diterapkan, setiap aktivitas kerja dapat dijalankan dengan lebih lancar dan produktif.

Dikarenakan aplikasi digital memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi kerja individu yang menggunakannya. Penerapan aplikasi ini dapat merangsang proses kognitif yang lebih cepat, sehingga tugas dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang lebih singkat. Namun, efektivitas aplikasi digital sebagaimana yang dialami oleh pengguna (karyawan) bergantung pada tingkat kompetensi dan pemahaman mereka. Semakin besar pengetahuan tentang aplikasi yang digunakan, semakin optimal pula hasil yang dapat dicapai.

Nah, jadi apa saja teknologi digital yang dapat diterapkan agar kinerja karyawan menjadi meningkat dan efisien? Ada beberapa teknologi, dan artikel ini akan menjelaskan teknilogi tersebut.

Teknologi Digital Yang Dimanfaatkan Untuk Meningkatkan Kinerja Keryawan

1. Robotic Process Automation (RPA)

Dengan mengalihkan tugas-tugas rutin yang membosankan dari karyawan, mereka dapat fokus pada pekerjaan yang memerlukan pemikiran kritis dan inovatif. Hal ini berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan.

2. Cloud Computing

Cloud computing memungkinkan akses data dan aplikasi dari berbagai lokasi, yang mengubah cara tim beroperasi. cloud computing dapat meningkatkan kolaborasi, mendukung pekerjaan jarak jauh, serta mengurangi waktu dan biaya yang berkaitan dengan pemeliharaan infrastruktur TI konvensional.

3. AI dan Machine Learning

Kecerdasan buatan (AI) dan Machine Learning mengolah sejumlah besar data menjadi informasi yang bermanfaat. Algoritma prediktif serta analisis data berkontribusi pada pengambilan keputusan yang lebih bijaksana, yang dapat meningkatkan efisiensi dengan menemukan peluang dan mengoptimalkan proses.

4. Mobile Technology

Teknologi mobile bikin karyawan bisa tetap terhubung dan produktif meski lagi dalam perjalanan. Aplikasi bisnis di ponsel memudahkan akses ke alat dan sumber daya penting, jadi nggak ada lagi kendala waktu dan tempat.

5. CRM Systems

CRM bisa mengotomatiskan pekerjaan admin, jadi karyawan bisa lebih hemat waktu. Selain itu, CRM juga bisa memantau seberapa produktif karyawan. Dengan CRM, semua aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan bisa digabungkan dalam satu platform, membuat kolaborasi antar karyawan jadi lebih gampang.

Project Management Tools
Membuat kerja sama tim jadi lebih efisien dan gampang dalam berkomunikasi. Ini sebagai jawaban atas masalah komunikasi antar tim yang sering bikin tugas ngaret. Dengan alat ini, semua orang bisa dengan mudah mengakses timeline dan perkembangan kerja.

7. Business Intelligence

Bisa meningkatkan produktivitas karyawan dengan memberikan akses yang cepat dan mudah ke informasi yang berpengaruh pada efisiensi. BI bisa bantu karyawan dengan cara: Menyediakan data metrik kinerja secara langsung, Menghemat waktu dan sumber daya lewat pembaruan laporan, Mempercepat proses pengambilan keputusan, serta Meningkatkan semangat kerja karyawan.

8. Chatbots

Chatbot bisa memberikan masukan dan saran untuk meningkatkan performa karyawan secara langsung. Selain itu, chatbot juga bisa jadi tempat bagi karyawan untuk bertanya atau memberikan ide kepada HR, dan chatbot akan memberikan jawaban yang cepat, akurat, dan bersahabat.

9. Teleconferencing Tools

Alat telekonferensi seperti Zoom atau Microsoft Teams bikin pertemuan virtual jadi lebih gampang dan efisien. Ini bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan bisnis, serta memperbaiki komunikasi dan kerja sama antar tim yang berada di lokasi yang berbeda.

Nah, Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini ialah, bahwasaannya efektivitas kerja dapat dicapai melalui metode kerja unik yang dimiliki setiap individu, serta peran organisasi dalam mempersiapkan kompetensi karyawan. Persiapan ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang aplikasi yang digunakan dan memastikan kesiapan aplikasi itu sendiri. Jika perusahaan dan karyawan mempersiapkan diri dengan baik, manfaat dari penggunaan aplikasi digital akan meningkatkan efektivitas kerja secara signifikan.