Saiful K. Teibang
13 Oktober 2024, 11:18 WIB
Last Updated 2024-10-13T04:18:33Z

Penerapan Pelatihan Karyawan Secara Digital

Advertisement

 

Arzun Septian Afizul

Stie Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia.

Email : arzunseptian09@gmail.com


Perkembangan teknologi di era digital ini banyak memberi pengaruh yang sangat besar pada kehidupan sehari-hari. Teknologi digital mempengaruhi kinerja perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kualitas karyawan dengan cara memberikan pelatihan pada karyawan. Di era digital pelatihan karyawan mengalami transformasi, pelatihan karyawan tidak hanya dapat dilakukan dengan cara tatap muka, namun dapat dilakukan secara online melalui platform pelatihan digital. Perkembangan platform pelatihan digital di indonesia sangatlah berkembang pesat, hal ini dapat kita lihat munculnya platform pelatihan digital seperti Skill Academy by Ruang Guru dan My Skill.

Banyaknya pengguna e-Learning membuat sebanyak 82% perusahaan di seluruh dunia memilih e-Learning untuk pelatihan karyawan. Apalagi pada tahun 2020, semakin banyak perusahaan yang beralih ke e-Learning agar pelatihan karyawan tetap berjalan karena pandemi. Seperti dilansir dari trainingindustry.com, 43% anggaran perusahaan digunakan untuk online learning bagi para karyawannya selama pandemi.

Pelatihan karyawan secara digital selalu menjadi pilihan perusahaan ataupun individu dalam melakukan pelatihan ataupun pengembangan skill secara online. Pelatihan karyawan secara digital ini mulai muncul dan digunakan disaat pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita beraktivitas hanya dirumah, pada waktu itu banyak sekali karyawan perusahaan yang dirumahkan atau bekerja dari rumah (WFH). Adaptasi penggunaan teknologi pada masa itu sangatlah cepat seperti meeting atau rapat secara online melalui Zoom Meeting, absensi memalui Face Recognition dan pelatihan karyawan dilakukan secara online menggunakan Skill Academy by Ruang Guru dan My Skill, dengan adaptasi yang sangat cepat ini membuat kinerja perusahaan atau organisasi tidak terganggu dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Keunggulan dari pelatihan secara digital atau biasa dikenal E-Learning ini terletak pada aksesilibitasnya, yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja yang memungkinkan karyawan dapat mengatur pelatihannya sesuai jadwal masing-masing, serta terdapat format pelatihan digital seperti bisa secara Zoom Meeting atau melalui format pelatihan seperti E-book, Video, dan Modul interaktif untuk memudahkan pemahaman. Selain itu, penggunaan E-Learning pada pelatihan karyawan akan menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Efektivitas pelatihan E-Learning ini sudah terbukti efektif, banyak sekali perusahaan yang sudah menggunakan E-Learning sebagai pilihan utama untuk pelatihan ataupun pengembangan skill karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Namun perusahaan tetap perlu memperhatikan pelatihan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan karyawan agar lebih efektif dalam mengembangkan kinerja karyawan tersebut serta perlu memberikan fasilitas tambahan apabila diperlukan, untuk menunjang pelatihan karyawan tersebut. Karyawan perusahaan juga tetap harus menyelesaikan tugasnya sebagai karyawan dengan baik agar dapat bisa melakukan pelatihan melalui E-Learning tanpa menganggu tugasnya, sehingga aktivitas perusahaan dapat berjalan seperti biasanya dan juga karyawan juga harus mengatur jadwal yang sesuai dengan waktu senggangnya agak dapat lebih efektif dalam mengikuti pelatihan E-Learning.