Saiful K. Teibang
14 Oktober 2024, 11:10 WIB
Last Updated 2024-10-14T04:10:00Z
Opini

Pengaruh Teknologi dan Automasi dalam Meningkatkan Manajemen Kinerja Berkelanjutan

Advertisement

Rezi Anggraini

STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

Email : 1 ejianggraini03@gmail.com


Manajemen kinerja dapat diartikan sebagai bentuk upaya manajerial yang selalu mengontrol dan memastikan upaya organisasi agar tercapai tujuan organisasi dengan maksimal. Dalam hal ini, manajemen kinerja bukan hanya untuk mengukur hasil tetapi juga memilikifokus utamaterhadapperencanaan,pemberdayaan,danpengembangankaryawan dalam meningkatkan penerapan manjemen kinerja dalam sebuah perusahaan yang memberikanmanfaat yang baik bagiperusahaantersebut. Manajemen kinerjajugamemiliki tujuandenganstrategiorganisasiyangdimanatujuan ini selalumemastikansetiapkaryawan bekerja sesuai arah dan selalu kontribusi dalam tujuan strategis, dengan manajemen kinerja yang baik sebuah perusahaan agar dapat menciptakan budaya kinerja yang lebih produktif dalam pengembangan karyawan.

Teknologidanautomasisangatberperanpentingterhadappeningkatanmanajemen kinerja berkelanjutan. Penerapan teknologi sangat membantu manajemen kinerja dalam mengoptimalkan proses evaliuasi kinerja dan meningkatkan efisiensi, teknologi sangat berperan penting dalam mencakup perangkat lunak dalam manajemen kinerja seperti adanya alat pemantauan manajemen kinerja real-time, sistem ini juga secara otomatis melacakproduktivitasdanpencapaintargetyangmenghasilkankeputusanyangtepatdalam menilai kinerja karyawan. Automasi juga sangat membantu manajemen kinerja dalam menghilangkan pekerjaan yang manual yang berulang sehingga bisa mengurangi kesalahan manusia dan juga bisa meningkatkan efisiensi operasional seperti saat ini adanya penggunaan robot dalam proses produksi atau atomatisdalam pengelolaan data keuangan yang dapat meningkatkan akurasi dan juga mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikanpekerjaan. Teknologisepertikecerdasanbuatan AI banyakdigunakan untuk menganalisi data kinerja secara lebih rinci dan memberikan prediksi terhadap resiko yang akan didapat karyawan.

Perananteknologidanautomasilainnya, denganadanyaautomasimanajemenkinerja sangat responsif dan sangat membantu organisasi untuk berinovasi dan selalu memastikan manajemen kinerja berkelanjutan dalam jangka panjang ditengan persaingan yang kompleks. Dengan mengadopsi teknologio dan automasi dalam organisasi dapat meningkatkan efisiensi dan bisamengurangievaluasidansangatmendukung keberlanjutan lingkungan didalam manajemen kinerja yang selalu berkomitmen dalam pengembangan karyawandanlingkungandanjugamembatuorganisasidalam mencapaikesuksesanjangka panjang ditengan persaingan bisnis yang semakin ketat.