Saiful K. Teibang
11 Oktober 2024, 15:48 WIB
Last Updated 2024-10-11T11:58:10Z
Opini

Pentingnya Manajemen Kompensasi Yang Berkelanjutan Dalam Mendukung Transformasi Digital Perusahaan

Advertisement

Dinda Meirany

STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

Email: dindameiran@gmail.com

 

Saat era transformasi digital sedang berlangsung, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi sambil meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka. Manajemen kompensasi yang berkelanjutan adalah komponen penting yang sering kali luput dari perhatian. Kompensasi ialah suatu penghargaan yang diberikan kepada manajer untuk mendorong mereka mencapai tujuan perusahaan. Tujuan kompensasi adalah untuk menyelaraskan kepentingan manajer perusahaan dengan pemegang saham perusahaan (Budiadnyani, 2020). Strategi ini menjadi landasan penting dalam menarik, mempertahankan, dan memotivasi talenta terbaik yang diperlukan untuk menggerakkan perubahan digital.

Manajemen kompensasi adalah tentang mengelola dan menetapkan kompensasi atau imbalan yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan mereka untuk perusahaan. Kompensasi dapat mencakup semua jenis penghargaan, seperti gaji, bonus, insentif, dan tunjangan, serta penghargaan non-finansial, seperti keseimbangan kerja-hidup dan pengembangan karir. Memberikan kompensasi kepada pegawai harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan menerapkan system yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Peningkatan Daya Saing untuk Mendapatkan Talenta Digital

Pengembang perangkat lunak, data analyst, dan ahli keamanan siber adalah contoh karyawan yang memiliki keahlian digital yang tinggi yang diperlukan untuk transformasi digital. Perusahaan harus mampu menawarkan skema kompensasi yang menarik untuk mendapatkan talenta di tengah tingginya permintaan. Manajemen kompensasi yang berkelanjutan memungkinkan insentif jangka panjang, pengembangan karir, dan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, selain gaji yang kompetitif.

 

  1. Menjaga Motivasi Karyawan dan Keterlibatannya

Selama transformasi digital perusahaan, perubahan dalam prosedur kerja dan struktur organisasi dapat menimbulkan ketidakpastian bagi karyawan. Namun, metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi karyawan adalah manajemen kompensasi yang adil dan transparan.

 

  1. Program Jangka Panjang Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Tidak hanya gaji bulanan, kompensasi yang berkelanjutan Program jangka panjang seperti asuransi kesehatan, saham perusahaan, atau program pensiun dapat membuat karyawan lebih setia, terutama bagi mereka yang mahir dalam teknologi.

Salah satu komponen penting dalam mendukung transformasi digital perusahaan adalah manajemen kompensasi yang berkelanjutan. Dengan memastikan bahwa karyawan menerima kompensasi yang adil, kompetitif, dan berkelanjutan, perusahaan akan memiliki kemampuan untuk menarik dan mempertahankan talenta digital terbaik. Selain itu, sistem kompensasi yang dirancang dengan baik akan membuat karyawan termotivasi untuk terus berkontribusi dalam mencapai tujuan transformasi digital, yang memungkinkan perusahaan untuk bersaing di pasar yang kompetitif.

Strategi manajemen kompensasi yang tepat akan memberikan dasar yang kuat bagi perusahaan untuk mengatasi masalah dan memanfaatkan peluang di tengah perubahan digital yang terus berlanjut.

 

Budiadnyani, N. P. (2020, Juni). PENGARUH KOMPENSASI MANAJEMEN PADA PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol 5 No 1, 67-90.

Melda Aulia Ramadhani, S. M. (2023). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.