Saiful K. Teibang
13 Oktober 2024, 18:04 WIB
Last Updated 2024-10-14T02:40:07Z

Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Penyedia Jasa Transportasi

Advertisement

 

MELIA ANDRIYANI

STIE PEMBANGUNAN TANJUNG PINANG

EMAIL : meliaandriyani544@gmail.com


            Teknologi saat ini punya pengaruh besar di semua aspek kehidupan. Bisa kita lihat  10 tahun belakangan ketika kita mau naik ojek harus mencari pangkalan ojek, sekarang dengan adanya teknologi digital tidak perlu waktu lama kita dapat memesan ojek tanpa harus menunggu lama, bahkan ketika memesan ojek kita dapat mengetahui posisi driver ojeknya dan motor yang digunakan untuk menjemput kita. Dengan kemudahan teknologi di era digital ini,  dapat meningkatkan waktu yang lebih efisen sehingga dapat memperbaiki kinerja secara keseluruhan, selain itu dapat memberikan rasa aman terutama bagi pengguna ojek online wanita.

            Dalam transportasi teknologi digital saat ini pengunaan teknologi seperti ride-sharing dapat meningkatkan efisiensi operasional transportasi contohnya adalah Gojek, Grab, inDriver, dan She-jek yang menggunakan aplikasi mobile untuk pemesanan transportasi dan manajemen armada berbasis GPS, sehingga mereka dapat mengoptimalkan rute dan meningkatkan efisiensi, kenyamanan dan fleksibilitas dalam mobilitas perkotaan. Pengguna dapat memesan transportasi dengan menggunakan smartpone pribadi mereka. Dengan penggunaan teknologi transportasi dapat mengurangi kebutuhan akan kepemilikan mobil pribadi dan mengoptimalkan penggunaan kendaraan yang ada.

            Perkembangan teknologi saat ini terjadi dengan sangat cepat. Hampir setiap hari ada inovasi ataupun perubahan baru yang muncul, sehingga dapat mengubah cara bekerja dan  gaya hidup, dalam perkembangan teknologi khususnya dalam bidang transportasi. Perkembangan teknologi semakin bergerak cepat mengikuti perkembangan zaman, perusahaan transportasi dapat melakukan pelatihan kepada karyawannya biasanya mencakup materi tentang penggunaan aplikasi, fitur-fitur dalam aplikasi, dan cara optimalisasi penggunaan teknologi. Perusahaan menyediakan petunjuk penggunaan yang lengkap sehingga membantu karyawan memahami fungsi dan fitur aplikasi secara rinci. Dalam melakukan penerapan teknologi transportasi tidak semudah itu, tentunya butuh waktu apalagi untuk karyawan yang gaptek terhadap teknologi, terutama bapak – bapak ataupun ibuk – ibuk, sehingga mereka butuh waktu untuk belajar dari awal dalam memahami penggunaan teknologi transportasi tersebut.

            Dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan transportasi dapat memberikan  pelatihan yang berkelanjutan kepada karyawan tentang cara menggunakan teknologi baru dan praktik terbaik dalam transportasi sangat penting, sehingga karyawan yang terlatih dengan baik cenderung lebih produktif dan efisien. Perusahaan dapat mengadakan sesi pelatihan rutin untuk pengemudi mengenai keselamatan berkendara, penggunaan aplikasi pemantauan kendaraan, dan cara optimalisasi waktu kerja mereka. Selain itu perusahaan dapat menerapkan sistem manajemen kinerja yang jelas, yang dapat membantu dalam mengevaluasi kinerja karyawan secara objektif. Dengan memberikan umpan balik yang konstruktif, karyawan dapat memahami area yang perlu diperbaiki. Perusahaan transportasi dapat melakukan penilaian bulanan terhadap kinerja karyawan, berdasarkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Sehingga dapat membuat karyawan transportasi lebih meningkatkan lagi kinerja dan pelayanannya.